Minggu, 11 Maret 2012

Resep Donat Enak Empuk

Bahan:

    500 gr tepung terigu cakra (atau yang bagus/protein tinggi lah)
    1 bks (11 gr) ragi instan
    4 kuning telur ayam
    200 ml gr susu bubuk atau susu kental
    100 gr gula pasir
    100 gr margarin
    ½ sdt garam
    200 gr kentang, lalu dikukus dan dihaluskan (Untuk buat donat kentang)
    minyak untuk menggoreng

Olesan donat:
100 g cokelat batang, kemudian lelehkan
100 g meses/cokelat padat yang dilelehkan

Cara membuat :

    Kocok 4 butir kuning telur
    Campur tepung terigu dan ragi, aduk rata kemudian masukkan ke adonan
    Masukkan gula pasir, susu, mentega, terigu. Lalu aduk rata.
    Tuangkan susu sedikit demi sedikit sambil menguleni hingga setengah kalis. Kemudian beri garam dan mentega kemudian aduk lagi sampai kalis,dan kemudian diamkan dalam wadah terutup sekitar 30menit, hingga adonan mengembang.
    Bulatkan adonan menjadi tiap-tiap bulatan, ukuran tergantung selera, lalu taruh di loyang beroleskan minyak selama 20 menit hingga bulatan adonan kelihatan mengembang lagi. Setelah itu, buat lubang di tengah
    Panaskan minyak goreng yang banyak agar donatnya bisa matang dengan bagus. Kondisi api harus kecil, agar proses pematangan lebih terasa. Gorenglah donat hingga berwarna kecoklatan dan matang. Kemudian, angkat dan tiriskan. Diamkan sejenak, kemudian setelah dingin permukaan donat dapat diolesi dengan cokelat leleh dan ditaburi cokelat. Diamkan sampai mengeras, barulah bisa siap untuk disajikan :)

Bisa juga perhatikan hal-hal berikut ini :

    Pada saat menggoreng, bisa digunakan kayu atau sumpit untuk memperbaiki lubang donat agar terlihat bagus.
    Untuk membuat DONAT KENTANG, prosesnya juga sama, tinggal kita mencampurkan halusan kentang yang sudah didinginkan ke dalam adonan (langkah 3&4)
    Untuk hiasan donatnya tergantung selera masing-masing, bisa mentega dan ditaburi meises ceres diatasnya. Selain itu, bisa juga donat dicelup dalam dark cooking chocolate yang telah ditim dan dihiasi white cooking chocolate. Sajian donat juga bisa dikasih taburan gula halus, atau gula halus campur mentega dengan perbandingan 4 : 1 (4sdm gula halus, 1 sdm mentega, aduk rata dan olesi diatas donat).
    Untuk DONAT KENTANG, olahan kentang halus harus dicampurkan waktu olahan kentangnya dingin, karena kalau tidak dingin, wah raginya bisa langsung mati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar